Saturday, 01 February 2014 13:00

Sudah Matang, Online PMDK-PN Siap Untuk Dilaksanakan Featured

Written by 
Rate this item
(2 votes)

Setelah menjalani beberapa tahapan uji coba dan menyaring saran-saran dari rekan-rekan tim IT Politeknik Negeri se-Indonesia, akhirnya aplikasi Online PMDK-PN Sudah siap untuk digunakan sesuai jadwal yang telah di tetapkan.

rakor pmdk pnNampak tim IT PENS dan Dr. Rusminto Tjatur Widodo S.T selaku asisten direktur bidang akademik turut hadir dalam pematangan tersebut. Tim IT dari PENS sendiri adalah Akhmad Alimudin S.ST., M.Kom, dan Idris Winarno S.ST., M.Kom.

Dr. Rusminto Tjatur Widodo S.T selaku asisten direktur bidang akademik membuka acara RAKOR ini. Bapak Rusminto menjelaskan tentang latar belakang PMDK-PN, yakni memberikan layanan sebaik-baiknya serta memberi kemudahan bagi para siswa.“Karena free, PMDK-PN kali ini diprediksi akan banyak saingan,” terang dosen elektronika tersebut.

Usai memberikan sambutan, Bapak Rusminto dibantu oleh Bapak Alimudin menggambarkan garis besar sistem PMDK-PN yang sudah di sepakati bersama ini.

Secara umum, PMDK-PN tahun ini dapat diikuti oleh para siswa yang lulus pada tahun 2014. Dijelaskan juga bahwa siswa dari jurusan ilmu pengetahuan alam (IPA) dapat memilih keseluruhan politeknik dan program studi. Sedangkan, para siswa yang berasal dari SMK bisa memilih jurusan yang dapat melanjutkan jurusan siswa yang bersangkutan pada saat bersekolah.

Untuk lulusan yang sebagian besar dari jurusan ilmu pengetahuan sosial (IPS) dan siswa lulusan non 2014, sayangnya tidak dapat mengikuti jalur PMDK-PN ini. Namun, mereka dapat mendaftar untuk melanjutkan studi melalui jalur Ujian Masuk Politeknik Negeri (UMPN).

Dipastikan mulai tanggal 1 Februari ini, sekolah-sekolah dapat menerima undangan berupa username dan password atau dapat mendaftar ke http://pmdk.politeknik.or.id/daftar/sekolah/ceknpsn. Selanjutnya, sekolah diharapkan login dan melengkapi data sekolah, memasukan data rekomendasi siswa, dan memasukan data prestasi ekstra siswanya.

Langkah berikutnya adalah, sekolah mendistribusikan username dan password kepada siswanya. Siswa yang telah mendapat rekomendasi dari sekolah tersebut dapat melengkapi data diri dan beberapa data yang dibutuhkan serta memilih politeknik dan program studi melalui http://pmdk.politeknik.or.id/daftar/siswa. Dan bagi siswa yang ingin mendaftar bidikmisi dapat mengajukan diri melalui http://bidikmisi.dikti.go.id.

DAFTAR PROGRAM STUDI YANG DAPAT DI PILIH UNTUK POLITEKNIK NEGERI SAMARINDA.

PMDK-PN ini juga diharapkan benar-benar menyaring siswa-siswi terpilih, yang telah berprestasi di bidang akademik maupun non akademik agar dapat melanjutkan ke program studi yang diminati oleh siswa tersebut. Untuk informasi lebih lanjut mengenai PMDK-PN, silahkan mengunjungi: http://pmdk.politeknik.or.id. (lyn,aul/fky)

Read 13147 times Last modified on Friday, 07 March 2014 12:23
Nasikin Sani

Web Developer | Video Production | Pilot Drone

Member of APDI

Website: nasikin.polnes.ac.id
Login to post comments