Monday, 02 June 2014 14:51

Partisipasi POLNES dalam Kontes Robotika Indonesia (KRI) Regional V

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Politeknik Negeri samarinda mengikuti Kontes Robotika Indonesia (KRI) Regional V yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi di Universitas Negeri Mataram, Nusa Tenggara Barat, Tanggal 22 Sampai dengan Tanggal 25 Mei 2014.

1Robotik polnes 2014Ketua Tim Robotika dari Dosen Polnes Agus Triyono dan Ketua Tim Robotika dari Mahasiswa Muhammad Bagus Bintang Timur  melalui pernyataan tertulis di Mataram, Minggu, mengatakan kampusnya mengikuti tiga dari lima kategori yang diperlombakan.
Tiga kategori itu adalah Kontes Robot Abu Indonesia (KRAI), Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI), Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) Devisi Berkaki, Serta Kontes Robot Seni Indonesia.

Sebelumnya tim Polnes tidak hanya mendaftar pada tiga kategori saja,akan tetapi empat katagori : Kontes Robot Abu Indonesia (KRAI), Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI), Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) Devisi Berkaki, Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) Devisi Beroda Serta Kontes Robot Seni Indonesia.namun setelah dilakukan seleksi tahap dua oleh Dirjen Dikti Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada Maret 2014, hanya KRAI, KRSI, KRPAI devisi Berkaki yang berhak diikuti.


Kategori lain yang dipertandingkan adalah Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) yang diikuti tiga tim, dan Kontes Robot Seni Indonesia (KRSI) yang diikuti 10 tim dari sejumlah perguruan tinggi di Tanah Air.
Sementara KRAI diikuti oleh 15 tim, serta KRPAI beroda dan berkaki masing-masing diikuti 27 dan 20 tim.

Muhammad Farman Andrijasa mengaku persiapan timnya lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya sehingga diharapkan bisa menuai prestasi maksimal.
Sementara itu, Dosen pembimbing Tim Robotika Polnes Agus Triyono mengatakan persiapan anak didiknya lebih matang dibanding tahun-tahun sebelumnya.
Beberapa hari sebelumnya mereka sempat melakukan uji coba robot sekaligus uji mental bagi tim robotika yang disaksikan banyak orang.

"Makanya kami sangat optimistis bisa menjuarai salah satu lomba yang ditandingkan," katanya.
Sebelumnya Wadir III bidang Kemahasiswaan Politeknik Negeri samarinda Erlyn Nurba berpesan kepada tim Robotica Polnes agar bertanding secara sportif dan penuh semangat sehingga Tim Robotika Polnes bukan hanya sekedar sebagai pelengkap setiap lomba saja.
Dia berharap keberadaan Tim Robotika Polnes diperhitungkan oleh peserta lainnya.
"Insyallah tim kita bisa berprestasi dan selanjutnya bertanding di tingkat nasional," katanya.

 

Namun Takdir berkata lain dari ke 3 katagori lomba Kontes Robot Abu Indonesia (KRAI), Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI), Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) Devisi Berkaki, Serta Kontes Robot Seni Indonesia. Dari tiganya mengalami kerusakan yang cukup parah pada detik-detik pelaksanaan lomba sehingga ketiganya tidak bisa mengikuti pertandingan hingga Tim Robotica Polnes dinyatakan Mengundurkan diri.

Read 4603 times Last modified on Tuesday, 03 June 2014 15:15

Image Gallery

Login to post comments