Print this page
Thursday, 23 January 2020

Ciptakan Link and Match antara PTN dengan BUMN, POLNES Adakan Kuliah Umum dan MoU dengan PT. Semen Tonasa Tbk Featured

Written by
Rate this item
(0 votes)

Kamis (23/1) Politeknik Negeri Samarinda bersama dengan PT Semen Tonasa Indonesia menyelenggarakan Kegiatan Kuliah Umum yang bertema “Kesiapan Infrastruktur untuk Mendukung Pemerintahan Ibu Kota”. Kegiatan Kuliah umum ini dihadiri oleh mahasiswa-mahasiswi Politeknik Negeri Samarinda yang berasal dari Jurusan Teknik Kimia dan Teknik Sipil. Selain itu, bersamaan dengan kegiatan Kuliah Umum ini, Politeknik Negeri Samarinda bersama-sama dengan PT. Semen Tonasa Indonesia melaksanakan penandatanganan kerjasama (MOU) terkait dengan program PMMB (Program Magang Mahasiswa Bersertifikat).  

MoU 2020 01 24 at 11.00.35Pada Program Magang Mahasiswa Bersertifikat tersebut mahasiswa melaksanakan pemagangan sesuai dengan Project yang diberikan oleh pihak Industri selama 6 (enam) bulan. Peserta magang dinyatakan selesai mengikuti pemagangan setelah menyelesaikan pekerjaan dengan waktu yang telah di tentukan, yang kemudian di akui oleh pihak Industri dengan mengeluarkan Sertifikat Industri sesuai dengan project yang telah diselesaikan. Program ini melibatkan seluruh BUMN di Indonesia dan sekitar 150 Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia. 

Abdul Rahman Noer, General Manager of Human Resources menyampaikan “Dengan terjalinnya kerjasama ini, Politeknik Negeri Samarinda menjadi perguruan tinggi pertama di luar Sulawesi Selatan yang bekerjasama dengan perusahaan PT Semen Tonasa Indonesia. Program ini selain menciptakan Link and Match antara perguruan tinggi dengan BUMN, juga dapat menjadi sumber rekruitasi karyawan.  Hal ini dikarenakan masa keberlangsungan program ini cukup panjang, yakni 6 bulan. Ada sekitar 12 BUMN yang menerima karyawan dari mahasiswa-mahasiswa yang mengikuti kegiatan magang di BUMN tersebut, salah satunya ialah PT. Semen Tonasa Indonesia. Selain itu, sudah ada landasan hukum antara kementerian pendidikan dan kebudayaan dengan kementerian BUMN tentang beban SKS untuk program ini, sehingga kegiatan PMMB tersebut akan sangat menunjang secara akademik bagi mahasiswa. Karena PT Semen Tonasa Indonesia merupakan jenis perusahaan manufacturing, kami juga sangat membutuhkan tenaga dari adik-adik dari perguruan tinggi tentang bagaimana proses yang ada di pabrik kami, baik dari proses tambang, dan pengawasan teknik-teknik kimia dalam proses produksi. Mudah-mudahan dengan semakin banyaknya perguruan tinggi yang berkerjasama dengan perusahaan kami harapannya dunia industri dapat semakin maju, dan dunia pendidikan tinggi dapat melihat realitas yang ada dilapangan. Pihak PT. Semen Tonasa Indonesia dalam hal ini memberikan peluang bagi mahasiswa-mahasiswi Politeknik Negeri Samarinda untuk mengikuti program magang ataupun penelitian di perusahaan-perusahaan PT Semen Tonasa Indonesia, khususnya untuk program PMMB”. 

POLNES SEMEN TONASA 2020 01 24 at 10.59.42Bapak Ramli ST, M.Eng, Direktur Politeknik Negeri Samarinda juga menyampaikan bahwa Politeknik Negeri Samarinda mampu menyediakan SDM yang terbaik untuk bisa bekerja ataupun magang di PT Semen Tonasa Indonesia. Saat ini, POLNES juga sudah mengikuti program magang dari beberapa perusahaan BUMN lainnya pada program PMMB ini. Selain itu, kami saat ini sedang menyiapkan mahasiswa-mahasiswi Politeknik Negeri Samarinda untuk menjadi SDM yang unggul dalam rangka menopang ibu kota negara. Kami akan memastikan bahwa mahasiswa POLNES siap untuk dipekerjakan seperti karyawan ketika mereka magang.” *-Rahma

Read 5255 times Last modified on Saturday, 25 January 2020
Nasikin Sani

Web Developer | Video Production | Pilot Drone

Member of APDI

nasikin.polnes.ac.id

Latest from Nasikin Sani

Login to post comments