Print this page
Friday, 08 February 2019

RETOOLING USA: OIL AND GAS

Written by
Rate this item
(0 votes)

BY:  ALWATHAN

 

Program Retooling USA dengan target utama adalah peningkatan kompetensi dosen di bidang Pengelolan minyak dan gas bumi memerlukan symberdaya manusia yang berkualitas, tentu memiliki relevansi yang sangat kuat dengan potensi sumber daya alam. Khususnya di Kalimantan Timur yang dikenal sebagai lumbung energi, potensi minyak dan gas bumi kemudian ditopang dengan hadirnya industr besar yang berorentasi pada minyak dan gas. Pertamina yang berada di Balikpapan, Vico yang berada di Muara Badak, Badak LNG yang berada di Bontang, TOTAL yang berada didaerah Sanga-Sanga. Oleh karenanya semangat retooling dari Kemenrstek Dikti tentu akan berdampak pada pengembangan institusi terlebih pada pengembangan program study.

Kegiatan retooling bidang Oil dan Gas, baru saja dilaksanakan di Texas USA adapun peserta yang diseleksi dari 50 pendaftar dari berbagi Politeknik Di Indonesia terdapat 24 orang yang berhasil lulus mengikuti program tersebut 2 orang diantranya berasal dari Jurusan Teknik Kimia Politeknik Negeri Samarinda atas nama, Alwatahan dan Arif Adiksana.  

 

Pelaksanaan retooling oil dan gas dipustkan di kota HOUSTON Texsas yang merupakan salah satu pusat perkembangan OIL dan Gas terbesar di dunia, kegiatan yang dilangsungkan selama 2 bulan Oleh PETEX (petrolium Extension Austin) menitik beratkan pada proses kompetensi Driling, Valve, Production dan measurment. Dalam pelaksanaan kegitan tersebut disamping teori dan praktek yang disertakan, juga dari pihak PETEX melakasankan  kunjungan- kunjungan ke musiam oil dan gas seperti di Ocean Star dari sini kita dapat mengetahuai bagaimana sejarah perkembngan minyak dan gas. Ada juga musium lain yang dikunjungin yaitu natural sains dimusiam ini peserta dapat meliahat bagaimana proses pengeboran hinga produksi minyak dan gas, banyak hal bermanfaat yang diperolah baik dari segi konten akedemik maupun buadaya akedemik. Untuk menjamin kualitas luaran dari program retooling oil dan gas, maka proses balajar mengajar yang dilakukan setiap hari dari jam 9 pagi hingga jam 4 sore hari, pada setiap akhir pekan dilkakukan ujian tertulis (assesment) untuk mengukur dan memberikan penilaian lulus tidaknya atas bidang kompetensi yang diampuh.

Manajemen waktu, metode belajar, sistem penilaian, materi pembelajaran, fasilitas laboratorium yang dimilik PETEX dapat menjadi bekal dan motivasi bagi peserta untuk mengembngkan dan menyiapkan sebuah metode belajar yang lebih inovatif, dengan harapan adalah lulusan akan memiliki skill sesuai kebutuhan industri terutama industri minyak dan gas,  maka transfer knowlagde antara dosen dan mahasiswa harusnya tidak stgnan tetapi juga harus berkembang sesuai dengan dinamika pergembangan global dan kebutuhan industri dari waktu ke waktu.

Dengan adanya program retooling sebagaimana yang dimaksud oleh Kemenrisetekdikti terutama dalam meningkatkan kompetnsi dosen merupakan suatu kesempatan yang baik bagi  setiap institisi Pendidikan Tinggi untuk meningkatakan level daya saing Global,  tentunya kegiatan tersebut akan berdampak pada peningkatan kualitas Program Study terutama pada kompetensi dosen dan lulusan sesuai dengan amanat tridarma perguruan tinggi.

Read 379 times
Nasikin Sani

Web Developer | Video Production | Pilot Drone

Member of APDI

nasikin.polnes.ac.id

Latest from Nasikin Sani

Login to post comments