Tuesday, 13 May 2014 13:02

Kuliah Tamu "Merintis Wirausaha di Bidang Arsitektur" POLNES 2014 Featured

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Selasa, 6 Mei 2014, terselenggara kuliah tamu di Jurusan Desain Politeknik Negeri Samarinda bertema “Merintis Wirausaha di Bidang Arsitektur” dengan pembicara Christina Handayani, seorang arsitek dari PT. Signa Griyatama Samarinda. Acara yang bertempat di top floor Gedung Rektorat Polnes ini dibuka oleh Ketua Jurusan Desain Polnes, Dwi Cahyadi, S.T., M.T.

Tema kuliah tamu ini dimaksudkan untuk membuka wawasan kepada mahasiswa Prodi Arsitektur Polnes agar termotivasi untuk merintis wirausaha di bidang arsitektur yang cukup menjanjikan, terutama di era industri kreatif saat ini. Dwi Cahyadi juga menambahkan bahwa wirausahawan arsitek menjadi lebih bernilai di masyarakat karena dapat membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain, baik itu skala kecil atau besar. Dijelaskan pula oleh Kaprodi Arsitektur Polnes, Anna Rulia, S.T., M.Sc yang merupakan lulusan dari Saxion University of Applied Sciences Belanda, bahwa nara sumber kegiatan kuliah tamu Prodi Arsitektur berasal dari akademisi dan praktisi arsitek atau non arsitek, baik lokal maupun nasional. Beberapa di antaranya adalah Budi A. Sukada (Ketua Umum IAI Pusat 2004-2007) dan Benny Danio (IAI Kaltim).
Pada kuliah tamu kali ini, Christina Handayani sebagai seorang praktisi di bidang arsitektur lebih dari 10 tahun mengemukakan bahwa peluang kerja bagi para arsitek, terutama di kota Samarinda itu cukup luas. Ada banyak profesi yang mungkin ditekuni, yaitu sebagai profesional arsitek, konsultan, kontraktor, penulis,  interior decorator, exhibition decorator, photographer dan bidang advertisement. Hal tersebut karena arsitek memiliki modal berupa  imajinas, kreatifitas, visualisasi dan mampu bertindak sebagai konseptor. Salah satu cara memulai wirausaha bagi fresh graduate adalah dengan menggali pengalaman dengan pihak lain. Di masa ini mungkin dari segi finansial belum terlalu menggembirakan, tetapi jika arsitek muda telah menghasilkan karya pertama dengan baik, maka itu menjadi jalan pembuka untuk terjun ke wirausaha. Memang banyak tahap yang harus dilalui untuk dapat bermental wirausahawan dan tahapannya sering kali tidak mudah. Tetapi justru itulah yang menempa calon wirausahawan untuk berkarakter tangguh dan ulet dalam merintis wirausaha di bidang arsitektur.
Diharapkan dengan kuliah tamu yang langsung diisi oleh wirausahawan di bidang arsitektur ini akan semakin membuka wawasan mahasiswa Program Studi Arsitektur Polnes untuk berwirausaha setelah lulus kuliah kelak.
Informasi Program Studi Arsitektur – Jurusan Desain Polnes, email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it..">This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it..

 

 

Read 9194 times Last modified on Tuesday, 13 May 2014 17:22
Nasikin Sani

Web Developer | Video Production | Pilot Drone

Member of APDI

Website: nasikin.polnes.ac.id
Login to post comments