Informasi

By Surahman

Politeknik Negeri Samarinda tahun 2018 memberangkatkan 5 dosen program Retooling ke Luar Negeri dan 5 Dosen Retooling Dalam Negeri. Adapun program Retooling Luar Negeri terdiri dari: 1 orang retooling program IT ke Korea, 2 orang retooling Oil & Gas ke USA, 1 orang Retooling Maritime Transportation ke Kanada dan 1 orang ke Jerman.

Program Retooling Luar Negeri sangat bermanfaat bagi staf pengajar oleh karena selain mempelajari ilmu, dosen juga mempelajari adat istiadat, budaya dan bahasanya. Banyak hal positip yang peserta dapatkan. Selain mendapatkan materi dan sertifikat, peserta juga mendapatkan pengalaman industry. Hal ini dikarenakan peserta juga diajak site visit dan melakukan beberapa praktikum di industry.

Friday, 08 February 2019

RETOOLING USA: OIL AND GAS

Written by

BY:  ALWATHAN

 

Program Retooling USA dengan target utama adalah peningkatan kompetensi dosen di bidang Pengelolan minyak dan gas bumi memerlukan symberdaya manusia yang berkualitas, tentu memiliki relevansi yang sangat kuat dengan potensi sumber daya alam. Khususnya di Kalimantan Timur yang dikenal sebagai lumbung energi, potensi minyak dan gas bumi kemudian ditopang dengan hadirnya industr besar yang berorentasi pada minyak dan gas. Pertamina yang berada di Balikpapan, Vico yang berada di Muara Badak, Badak LNG yang berada di Bontang, TOTAL yang berada didaerah Sanga-Sanga. Oleh karenanya semangat retooling dari Kemenrstek Dikti tentu akan berdampak pada pengembangan institusi terlebih pada pengembangan program study.

Kegiatan retooling bidang Oil dan Gas, baru saja dilaksanakan di Texas USA adapun peserta yang diseleksi dari 50 pendaftar dari berbagi Politeknik Di Indonesia terdapat 24 orang yang berhasil lulus mengikuti program tersebut 2 orang diantranya berasal dari Jurusan Teknik Kimia Politeknik Negeri Samarinda atas nama, Alwatahan dan Arif Adiksana.  

BY: RUSMA

Pelaksanaan retooling bidang mekatronika memiliki 5 materi pokok yang teramu dalam 2 bentuk kegiatan inti yaitu teori sekaligus praktek. Metode yang digunakan adalah metode pembelajaran aktif dan kolaboratif yaitu dengan melibatkan partisipasi aktif dari peserta dan meminimalkan perbedaan-perbedaan antar individu sehingga masing-masing peserta dapat saling membantu apabila masih terdapat project yang belum terselesaikan. Langkah-langkah kegiatan retooling dilaksanakan dengan membagi kelompok kecil yang terdiri dari 2 orang atau lebih dalam melakukan proses diskusi dan praktik.

Peserta retooling juga mendapatkan sertifikat kompetensi bagi yang telah lulus tes pada kompetensi yang diujikan. Sertifikat yang akan didapatkan ada 2 yaitu sertifikat ASSOCIATE CSWA dan Festo. Kedua sertifikat tersebut dapat dijadikan sebagai dasar bagi dosen vokasi bahwa mereka layak mengajar dibidang mekatronika khususnya pada perancangan mekanik dan kontrol elektro pneumatik menggunakan PLC.

Friday, 08 February 2019

RETOOLING DALAM NEGERI: PLC

Written by

BY: DADANG SUHERMAN

Pada program Retooling Vokasi Dosen yang dilaksanakan di Politeknik Manufaktur Bandung bidang Programmable Logic Controller (PLC) mulai 09 Juli- 31 Agustus 2018, kegiatan yang dilakukan adalah pelatihan terstruktur (teori dan praktek). Selama 8 minggu, peserta pelatihan diharapkan dapat memahami dan menyelesaikan tugas (project) yang diberikan oleh penyelenggara sesuai dengan rentang waktu yang diberikan. Rincian program kegiatan dan tugasnya adalah: Instalasi Motor Listrik (IML), Otomasi Industri (OTM), Pneumatik/Elektro-Pneumatik (PNE), Programmable Logic Controller (PLC), Human Machine Interface (HMI), Flexible Manufacturing System (FMS), dan Project (PRO).

By: MAULITA

Kegiatan Retooling bidang Logistik dan Transportasi ini dilaksanakan di Kota Bandung, Jawa Barat yaitu di Politeknik Pos Indonesia. Dalam pelaksanaan sertifikasi Logistik dan Transportasi ini, Politeknik PosIndonesia bekerjasama dengan Chartered Institute of Logistics and Transport (CILT) dari UK, Inggris. Materi yang diberikan pada retooling ini adalah Business Theory, Business Application, dan Supply Chain Operation.

Page 1 of 153

Kalender Akademik 2018-2019

Pengunjung Aktif

We have 827 guests and no members online

000378244
Hari ini
Kemaren
Minggu ini
Minggu kemaren
Bulan ini
Bulan kemaren
reset tgl. 21-01-2019
6400
11188
69777
222957
203193
175051
378244

IP Anda: 18.212.206.217
2019-02-16 14:55

Tentang POLNES

Politeknik Negeri Samarinda atau disingkat Polnes adalah sebuah perguruan tinggi negeri yang terletak di Kota SamarindaKalimantan TimurIndonesia. Sebelumnya bernama Politeknik Universitas Mulawarman, yang resmi berdiri berdasarkan surat keputusan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi No.080/Dikti/Kep/85 tertanggal 3 Desember 1985.

Polnes terkareditasi B oleh BAN-PT berdasarkan surat keputusan No.484/SK/BAN-PT/Akred/PT/V/2015 tertanggal 23 Mei 2015.

Gabung bersama kami, untuk mendapatkan update terbaru...

Video Profil POLNES 2018

Search