Prodi Arsitektur Desain Interior Pusat Informasi Terpadu Lobby Direktorat

15 March 2017 By Arsitektur Polnes In Arsitektur
Rate this item
(0 votes)

Dalam rangka menjadi perguruan tinggi vokasi yang unggul di tingkat nasional, Politeknik Negeri Samarinda terus membangun baik fisik bangunan maupun sumber daya manusianya. Pada awal bulan Februari lalu, program studi Arsitektur - Jurusan Desain, diberikan kesempatan oleh jajaran Direktur dan Wakil Direktur, untuk 'berpartisipasi' dalam desain lobby dari gedung rektorat Politeknik Negeri Samarinda. Tujuan peruntukan desain ini adalah sebagai Pusat Informasi Terpadu, atau biasa disebut 'PINTU', yang sudah menjadi standar dari sebuah tempat layanan informasi suatu lembaga dan kampus.

Sebelumnya, Jurusan desain juga telah beberapa kali mendesain ruang-ruang di gedung rektorat, diantaranya ruang aula rapat dan ruang tamu direktur.

 

 

Pada kesempatan ini, program studi arsitektur mengeluarkan desain yang modern bercampur minimalis, serta dikombinasikan dengan warna-warna dari ciri khas Polnes. Desain simpel, mengakomodasi ruang yang terbatas, cukup untuk dua orang pada pelayanan cepat (posisi berdiri) dan dua orang untuk pelayanan lebih detail (posisi duduk). Hal ini sesuai dengan permintaan yang mencakupi urusan PINTU Polnes, sebagai penerima tamu, pemberi informasi, serta melayani mahasiswa yang berurusan dengan administrasi maupun akademik.

 

Suasana interior Pusat Informasi Terpadu - Lobby Rektorat Polnes

 

Perspektif depan desain interior Pusat Informasi Terpadu - Lobby Rektorat Polnes

 

Ide Desain
Warna-warna yang diterapkan merupakan kombinasi dari warna hijau khas Polnes, serta warna coklat kayu yang menjadi elemen umum pada gedung eksisting. Perpaduan warna ini akan membuat PINTU menjadi magnet serta semangat baru dari ruangan lobby rektorat, namun juga serasi dengan ruangan lainnya. Unsur lokal juga ditambahkan berupa motif batik kaltim dengan sedikit modifikasi. Para tamu dari luar kota tentu akan tertarik dengan unsur kelokalan dari daerah Kaltim.

Proses konstruksi saat ini (16 maret 2017) masih berlangsung. Tentunya dengan harapan hasilnya nanti dapat menjadikan ruangan lobby interior gedung rektorat Polnes menjadi lebih 'fresh'.

 

proses konstruksi dari pusat informasi terpadu - lobby interior rektorat Polnes (16/3)

 

Read 1546 times Last modified on Thursday, 16 March 2017 09:31
Login to post comments
You are here: Home INFO Arsitektur Prodi Arsitektur Desain Interior Pusat Informasi Terpadu Lobby Direktorat