Thursday, 03 December 2020

TINGKATKAN SINERGITAS: POLNES Ramu Kurikulum Bersama IDUKA, Siap Cetak Lulusan Pariwisata Yang Unggul Featured

Written by
Rate this item
(1 Vote)

SAMARINDA - Politeknik Negeri Samarinda (Polnes) adakan Focus Group Discussion (FGD) dengan perhotelan di Kota Tepian. Kegiatan yang berlangsung di Swiss-belhotel Borneo Samarinda, Jalan Mulawarman, tersebut terkait penyelarasan kurikulum Program Studi Diploma III Jurusa Pariwisata bersama Industri dan Dunia Kerja (Iduka), Senin (1/12).

 

"FGD ini terkait rencana pembuatan kurikulum program studi pariwisata, Kami mengajak para General Manager perhotelan  untuk meramu kurikulum yang super link and mech," jelas Direktur Polnes Ramli. 

 

Ia menyebut, kurikulum tersebut dirancang sesuai dengan standar yang ada di perhotelan. Dengan demikian para lulusan pariwisata di Politeknik Samarinda menjadi lulusan yang memiliki kompentensi, unggul dan siap bekerja. Hal ini juga kata dia, dalam rangka membangun kemitraan dengan Iduka.

 

"Kerja sama ini ialah meramu kurikulum, pemagangan mahasiswa, menyiapkan tenaga dosen praktisi dari perhotelan, join riset dan lain-lain," terangnya.

 

Sementara itu, Ketua Jurusan Pariwisata Polnes I wayan Lanang Nala, kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari pengembangan Prodi melalui program P3TV. Yang merupakan hibah dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dalam hal ini Dirjen Vokasi. Program ini dirancang dalam bentuk dual sistem yakni melibatkan industri perhotelan.

 

"Penyelarasan kurikulum merupakan upaya kami dalam mencetak lulusan yang berkualitas di bidang pariwisata," bebernya.

 

Para peserta ini kata dia, mitra kerja Polnes dari Samarinda dan Balikpapan. Antara lain Swisbel-hotel Borneo Samarinda, Aston Samarinda, Mercure-Ibis, Bumi Senyiur dan Hotel Grand Kartika. Selain itu, Swiss-belinn Balikpapan dan Platinum. Ke depan jelas dia, akan terus menjajaki MoU dengan hotel lainnya agar hubungan dengan industri semakin erat dalam rangka menyerap kebutuhan lulusan yang lebih banyak.

 

"Hasil dari diskusi ini akan jadi draf kurikulum dan kemudian disahkan senat Polnes," jelasnya.

 

General Manager (GM) Swiss-belhotel Borneo Samarinda Adit Raharjo, menyebut sangat senang karena ada kemauan dari institusi pendidikan  mengajak perhotelan membuat kurikulum bersama. Ini  sebuah terobosan yang sangat baik untuk mencetak lulusan yang kompenten di industri perhotelan ke depannya. Dengan demikian para lulusan bisa survive dalam bekerja. 

 

"Kebutuhan dunia industri dan dunia pendidikan tidak bisa dipisahkan. Olehnya itu, program ini sangat baik karena mencari persamaan dalam hal membentuk SDM di industri perhotelan yang lebih baik," tutupnya. (*/dc)

Read 328 times Last modified on Thursday, 03 December 2020
Login to post comments

Kalender Akademik 2020-2021 (Ref. Covid-19)

Pengunjung Aktif

We have 1110 guests and no members online

011679944
Hari ini
Kemaren
Minggu ini
Minggu kemaren
Bulan ini
Bulan kemaren
reset tgl. 21-01-2019
4156
18933
65293
11465871
499205
626733
11679944

IP Anda: 34.201.11.222
2021-02-25 04:33
Copyright © 1986 - 2020 | POLNES Official website: www.polnes.ac.id Email: polnes@polnes.ac.id atau humas@polnes.ac.id 
Dikelola Oleh: UPT. TIK Created by: NS

Search