Senin, 04 Desember 2023 18:41

Bagi pengalaman Mahasiswa POLNES ikut IISMAVO Coventry University: Akademisi Sehari-hari

Written by
Rate this item
(2 votes)

Di dunia pendidikan yang luas dan mendalam, masih banyak porsi dalam pengetahuan yang belum tereksplorasi. Salah satu di antaranya adalah impian untuk studi ke luar negeri. Dengan adanya Indonesian International Student Mobility Awards Vokasi (IISMAVO), mahasiswa telah diberikan kesempatan untuk melakukan studi di luar negeri. Empat mahasiswa dari Politeknik Negeri Samarinda, bersama dengan 34 mahasiswa lain, terpilih untuk mengejar studi di Coventry University, Inggris, selama satu semester dibawah bimbingan Professor Benny Tjahjono yang senantiasa mendorong para mahasiswa untuk melibatkan diri dalam ruang lingkup industry dan memperluas pengetahuan yang tidak mudah ditemukan di Indonesia.

Muhammad Rehal Al Banjari dan Chitta Rihesvar Krishna Putra, mahasiswa bidang IT, menyatakan kesesuaian modul dengan kurikulum asalnya seperti Security Compliance in the Cloud. Hal seperti Konfigurasi Virtual Networking dan pembuatan topologi jaringan untuk klien dan server sangatlah berharga. Kelas ini juga mencakup materi terkait perencanaan darurat, rencana pemulihan, dan factor risiko, misalnya dalam kejadian server rusak. Selain itu, dosen mereka selalu melakukan pendekatan langsung untuk mengukur kemampuan mereka dalam memecahkan masalah kompleks di bidang IT.

Chandra Wicaksono, mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis yang mengikuti modul Applied Marketing Analytics dan Management of E-Commerce, walaupun dalam lingkungan belajar yang berbeda, dapat beradaptasi dengan baik terhadap metode pengajaran yang menarik dan interaktif. Dibagi menjadi sesi kuliah dan seminar, kelas ini memberikan pemahaman yang lebih baik dalam memanfaatkan alat dan metode untuk mengambil keputusan strategi pemasaran. Tersedianya contoh studi kasus juga meningkatkan kesadaran mahasiswa tentang strategi perusahaan global di era digital. Ia juga dapat menjelajahi teknologi baru seperti Blockchain, yang masih belum dipahami penuh di Indonesia. Gaya pengajaran yang efektif dan interaktif, ditemani dengan suasana kelas yang ramah dalam sosialisasi dan diskusi, berkontribusi pada pengalaman belajar yang nyaman,

Bagi Nurul Isnaniah, mahasiswa Jurusan Finance, dimana kampus asalnya mengajar akuntansi manajerial, langsung mengubah fokus ke pembelajaran dunia financing yang lebih maju di Coventry University. Untuknya, perubahan ini sangatlah menantang, tetapi dari ini ia dapat mempelajari dua modul menarik: Advanced Issues in Banking dan Corporate Financial Management. Seminar-seminar yang dijalankan memberikan media plaform untuk belajar secara interaktif dan lebih mendalam. Di modul Advanced Issues in Banking, kita diberi kesempatan untuk menelaah sebuah topik dan lalu mempresentasikan temuan kita di depan kelas untuk meningkatkan pemikiran kritikal kita. Kelasnya juga diberi pengajaran dalam cara menulis karya tulis ilmiah untuk jurusan ini. Tapi lecturing merupakan fondasi utama dalam rutin kegiatan akademik. Para dosen dalam jurusan Finance sangatlah turut berdedikasi dalam mengajar, memberikan kekayaan akan ilmu pengetahuan dan pengalaman sehingga setiap sesi perkuliahan di Coventry University menjadi sebuah penjelajahan yang menarik dan baru.

Selain jurusan-jurusan tersebut, Coventry University menyediakan fasilitas lengkap juga, salah satunya perpustakaan yang difasilitasi dengan komputer dan ruang belajar khusus. Kampus tersebut juga menyediakan aplikasi belajar khusus seperti Locate, Wayfinder, dan Aula Coventry untuk meningkatkan akses ke materi, memberikan navigasi kelas modul, dan memudahkan pengerjaan dan pengumpulan tugas. Coventry University juga telah mengadakan peminjaman laptop, terutama untuk mahasiswa IT yang tidak mempunyai laptop atau rusak, untuk membantu dukung kelanjutan pendidikan mereka dan penyelesaian tugas.

Untuk menjadi Awardee IISMAVO di Coventry University merupakan prestasi yang signifikan, membuka mata mahasiswa terhadap berbagai mata kuliah, metode pembelajaran interaktif, dan dosen yang proaktif yang mereka mungkin sulit temukan di Indonesia. Adanya komunitas yang beragam mendorong sosialisasi, meningkatkan kepekaan terhadap berbagai budaya terutama dalam belajar, dan mempromosikan persatuan. Fasilitas yang disediakan dan manfaat bagi Awardee IISMAVO berkontribusi dalam pengembangan pembelajaran yang efektif. Mahasiswa Politeknik Negeri Samarinda merasa sangat berterima kasih atas kesempatan besar yang diberikan untuk memperluas wawasan mereka di dalam institusi yang terkemuka di Inggris, yaitu Coventry University.

Read 861 times Last modified on Kamis, 04 Januari 2024 10:37
Login to post comments

Kalender Akademik TA 2023-2024

Pengunjung Aktif

Kami memiliki 2367 guests dan tidak ada anggota yang online

043489429
Hari ini
Kemaren
Minggu ini
Minggu kemaren
Bulan ini
Bulan kemaren
reset tgl. 21-01-2019
40033
59591
307871
42797835
1478359
1500295
43489429

IP Anda: 18.220.64.128
2024-04-27 16:44
Copyright © 1986 - 2020 | POLNES Official website: www.polnes.ac.id Email: polnes@polnes.ac.id atau humas@polnes.ac.id 
Dikelola Oleh: UPT. TIK Created by: NS

Search

https://ffaw.org