Kamis, 04 Juli 2024 10:17

Mahasiswa POLNES (Politeknik Negeri Samarinda) Berhasil Sukses Meraih Juara 3 Hackathon (Hacking Marathon) dan Juara 3 Lomba Animasi Featured

Written by
Rate this item
(0 votes)

kmipn 4 Medium

Mahasiswa POLNES (Politeknik Negeri Samarinda) Berhasil Sukses Meraih 
Juara 3 Hackathon (Hacking Marathon) dan Juara 3 Lomba Animasi pada Kompetisi Mahasiswa Informatika Politeknik Nasional (KMIPN VI) 2024 di Kampus Politeknik Negeri Jakarta (PNJ). Acara bergengsi ini digelar selama dua hari, dan ditutup pada Rabu (3/7). KMIPN 2024
 
Kompetisi Mahasiswa Informatika Politeknik Nasional (KMIPN) ke-VI dengan tema "Inovasi Vokasi untuk Tren Informatika Masa Depan".
 
Ajang bergengsi tahunan bagi institusi perguruan tinggi vokasi di bidang informatika sejak tahun 2018. Di tahun ini, KMIPN hadir kembali untuk menjaring talenta-talenta muda yang inovatif dan adaptif terhadap perkembangan teknologi yang pesat.
 
Kegiatan KMIPN ini diselenggarakan dengan beberapa tujuan mulia, yaitu: Meningkatkan kualitas dan daya saing lulusan vokasi di bidang informatika; Membangun jejaring kerja sama antar institusi vokasi di bidang informatika; Mempersiapkan mahasiswa vokasi untuk menghadapi tren informatika masa depan.
 
Kategori Lomba:
 
-Hackathon (Hacking Marathon) adalah lomba untuk membuat sebuah software yang memberikan solusi atas sebuah  permasalahan dalam batas waktu tertentu. Tidak ada batasan teknologi yang digunakan untuk menyelesaikan sebuah masalah.
 
-Lomba Animasi merupakan sebuah kompetisi pembuatan video animasi singkat dalam wujud 2D/3D yang akan memberikan informasi tentang inovasi dan kreativitas di bidang Informatika yang dapat diterapkan pada kehidupan sehari-hari.
 
-Keamanan siber merupakan praktik perlindungan terhadap aset digital pada saat transmisi, pemrosesan, serta penyimpanan baik yang ada pada sistem, jaringan, maupun layanan yang disediakan, dari akses yang tidak dikenal ataupun ancaman yang ada. Lomba keamanan siber menguji kemampuan peserta dalam melindungi aset digital yang ada, baik pada sistem, jaringan, maupun layanan yang tersedia pada jaringan.
 
-Internet of Things (IoT) adalah sebuah konsep tentang perangkat tertentu yang memiliki kemampuan mentransmisikan data tanpa ada interaksi dari manusia ke manusia atau dari manusia ke komputer. IoT memanfaatkan koneksi internet untuk menghubungkan antar perangkat dalam melakukan pertukaran data.
 
-Lomba Pengembangan Aplikasi Permainan mendorong peserta untuk berkreasi dan berinovasi untuk mengembangkan aplikasi permainan yang mampu memenuhi kriteria berikut: 1. Permainan yang mendidik, 2. Bermanfaat dan berdampak positif, 3. Menghibur (Entertaining)
 
-Lomba aplikasi e-Government merupakan lomba aplikasi yang memanfaatkan teknologi informasi berbasis internet oleh pemerintah dalam memberikan informasi dan layanan kepada masyarakat, bisnis, pegawai, atau pemerintah lainnya, atau sebaliknya masyarakat atau bisnis dapat berinteraksi, atau memberikan informasi kepada pemerintah.
 
-Lomba Perencanaan Bisnis Bidang TIK adalah kompetisi pengembangan model bisnis dengan produk TIK. Suatu perencanaan bisnis adalah penghubung antara ide dan kenyataan artinya bagaimana ide diwujudkan menjadi kenyataan dengan mengetahui faktor-faktor yang menjadi pemicu keberhasilan dan kegagalan suatu bisnis. Lomba ini memberikan kesempatan kepada peserta yang memiliki ide bisnis, startup dan pengembangan usaha yang berorientasi pada produk TIK, berupa jasa atau produk.
 
-Lomba Cipta Inovasi Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) merupakan wadah bagi mahasiswa Politeknik di seluruh Indonesia untuk menorehkan terobosan inovatif dan kreatif mereka sebagai salah satu wujud intellectual response atas permasalahan-permasalahan riil masyarakat Indonesia di bidang TIK.
/t3g/byHpol.
 

kmipn 4 Mediumkmipn 4 Mediumkmipn 4 Medium

Read 89 times
Login to post comments

Kalender Akademik TA 2023-2024

Pengunjung Aktif

Kami memiliki 2415 guests dan tidak ada anggota yang online

047223604
Hari ini
Kemaren
Minggu ini
Minggu kemaren
Bulan ini
Bulan kemaren
reset tgl. 21-01-2019
43679
52506
372181
46320373
372181
1737149
47223604

IP Anda: 18.191.106.7
2024-07-07 17:21
Copyright © 1986 - 2020 | POLNES Official website: www.polnes.ac.id Email: polnes@polnes.ac.id atau humas@polnes.ac.id 
Dikelola Oleh: UPT. TIK Created by: NS

Search

https://henrygrimes.com https://monkproject.org https://alcc-research.com